Indonesia Dikelilingi “RING of FIRE”

Cincin Api Pasifik atau Lingkaran Api Pasifik (bahasa Inggris : Ring of Fire) adalah daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Daerah ini berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 km. Daerah ini juga sering disebut sebagai sabuk gempa Pasifik.

Sekitar 90% dari gempa bumi yang terjadi dan 81% dari gempa bumi terbesar terjadi di sepanjang Cincin Api ini. Daerah gempa berikutnya (5–6% dari seluruh gempa dan 17% dari gempa terbesar) adalah sabuk Alpide yang membentang dari Jawa ke Sumatra, Himalaya, Mediterania hingga ke Atlantika.

 

RING of FIRE :

PETA GEMPA YG PALING SERING TERJADI :

Lihat bro, Ternyata Indonesia Banyak Titik Gempa-nya …( sampe enggak kelihatan terutama di P. Jawa dan P. Sumatera. Setiap Menit pasti ada gempa baik kecil maupun yang besar …

 

CONTOH PATAHAN :

Terbayang ya bro, Jika Ring of Fire-nya berada di tengah kota kita …

Dan Perlu disadari bahwa kita di Indonesia ini rata-rata dikelilingi oleh Ring of Fire. Jadi anda mesti waspada. semoga kita selamat dari bencana alam.

Sepertinya kita perlu latih di semua penduduk indonesia untuk menghadapi bencana, karena kalau kita lihat hampir seluruh wilayah Indonesia adalah di Sekitar RING of FIRE Terutama P. JAWA bagian Selatan dan P. SUMATRA bagian Barat (pesisir pantai).

Dengan Latihan yg sering maka akan mengurangi jumlah korban agar tidak meningkat. Kalau bagian ini adalah tugas pemerintah untuk menyadarkan kepada masyarakat bahwa betapa pentingnya latihan tersebut.

Mari belajar kepada Jepang. Lihat aja orang jepang pada saat gempa … TENANG BAE …  enggak panik (terutama yg digedung, enggak ada yang lari kocar-kacir dan mau menang sendiri). Mereka sangat TERTIB dan TERLATIH dalam menghadapi Bencana Gempa Bumi. Bahkan temen gue yg di Jepang bilang Sebenarnya Gempa itu sudah sebagai SAHABAT.

 

TAMBAHAN :

Sebenarnya, Gempa-gempa yg sering terjadi di Jepang dan Indonesia, adalah sama.  Gempa yang terjadi karena memang faktor RING of FIRE. Tapi kalau di lihat sering atau tidaknya. TERNAYATA di INDONESIA lebih Sering Terjadi GEMPA di bandingkan JEPANG. Nih datanya gue ambil dari USGS yg basisnya di Amerika.

Gempa yg terjadi dalam 7 hari terakhir :

 

sumber

kapurwakan

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.341 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: