Kapan saat terkecilmu yang bisa diingat?

Kapan saat terkecil yang bisa anda ingat ? Semasa 2 tahun, 4 tahun atau ketika bayi ? Ingat ndak wektu kamu lahir, ceprot ? Ngga mungkin kan ? Tetapi kenapa kamu yakin bahwa hari lahirmu tanggal yang tertulis di Akta kelahiran ? Kenapa kita yakin bahwa yg melahirkan kita itu “ibu” kita yg sekarang kita kenal ?

Paling banter hanya karena surat kenal lahir atau akta kelahiran. Bahkan mungkin foto kita wektu berumur beberapa hari yg di “klaim” itu adalah diri kita waktu kecil. Walopun tanpa ada memory (ingatan di otak) dan kita percaya saja kan … apa kata nenek, om, tante dsb. Keyakinan bahwa foto itu adalah diri kita hanyalah keyakinan yg “dihembuskan” oleh pendahulu kita (ortu, paman, kakek dll) tanpa kita menyadarinya.

–😦 “Tapi Dhe, kan ada kemiripan wajahku dengan bapak sama simbokku ta ?”

+🙂 “Yak tul, ada kemiripan … lah kalo kamu sama munyuk piye, le ?”

–😦 mbesengut !! “Wah Pakdhe niku …. cocotmu kaya asu dhe … ?”

Demikian lah … diri kita ini tahu “bahwa diri kita ada” ketika memory termuda yg dapat kita rekam. Aku sendiri memilki memory terkecil umur 2 tahun. Aku inget ketika diambil dari rumah nenek di Solo ketika peristiwa terjadi peristiwa Gestapu tahun 65. Menurut leluhur (kakek, nenek, baak ibu) aku sebelumnya dititipkan di rumah nenek sejak umur 1 tahun (kalau wektu sebelum titik awal ini, aku ga inget blass). Teapi ntah mengapa aku inget ketika turun dari bis yg membawaku dari Solo tempat nenek aku dititpkan. Ntah, apa sebabnya, tetapi ini peristiwa “kahadiranku” di dunia yg aku “sadari“. Selain itu … blass aku hanya percaya kata “leluhur” (orang yg mengaku bapakku, ibuku, kakekku, nenekku, juga pamanku). Dan crita tentang diriku sebelum umur 2 tahun hanyalah seperti mitos tanpa ada ingatan di otak ini.

Nah kapan anda punya ingatan terawal ?

Sekarang bagaimana kalau kita analogikan dengan evolusi dan kehadiran manusia di bumi ini.

Nah bisa ngga dibayangkan …. sejak kapan manusia ini ada ?

Kalau saja foto kecil kita (dimana kita ngga punya memory sama sekali) digantikan oleh fosil ? Fosil merupakan evidence bahwa dahulu ada mahkluk yg saat ini sudah tidak ada.

kalau saja akta lahir itu digantikan buku-buku ilmu pengetahuan dan kamu digantikan “manusia” sejak dahulu ….

Jadi, percaya kah bahwa fosil Pithecanthropus Erectus itu ada hubungan dengan “manusia jaman dulu”?

Dan bisakan kita mengerti bahwa “evolusi” itu ada ?

Diatas itu gambar evolusi kuda diambil dari britanica.com. Untungnya kuda ini tidak protes kalau dibilang keturunan dari binatang mirip anjing. Apakah yang dijumpai itu lengkap mulai dari ujung muka hingga buntut ? Tidak, hanya fosil kakinya saja yang terekam lengkap dalam kumpulan fosil-fosil yg sudah diketemukan.

Sumber

Kapurwakan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: